Friday, April 27, 2012

Peranan Penting Teknologi, Informasi dan Komunikasi dalam segala bidang

Dalam   perkembangannya, teknologi  informasi dan komunikasi (TIK) memiliki peran penting bagi kehidupan manusia. Selain mempercepat komunikasi, TIK juga memudahkan manusia dalam menyelesaikan urusannya.
Berikut ini peranan TIK dalam berbagai bidang:
1.      Peranan TIK dalam Dunia Pendidikan
Kehadiran teknologi informasi dan komunikasi, terutama komputer dan internet sudah lama dimanfaatkan oleh negara-negara maju. Misalnya, di negara seperti Inggris, Amerika, dan Jepang, teknologi informasi dan komunikasi digunakan dalam kegiatan pembelajaran di sekolah-sekolah melalui pemanfaatan komputer dengan didukung teknologi internet. Dengan teknologi komputer dan internet, para siswa atau mahasiswa tidak hanya dapat belajar di dalam kelas. Mereka dapat belajar di mana pun karena hampir semua materi pelajaran dapat diiperoleh melalui CD atau langsung diakses melalui Internet.
Indonesia tidak mau ketinggalan dengan negara-negara maju. Sekarang ini, komputer sudah mulai diperkenalkan di sekolah. Mulai dari pendidikan prasekolah (playgroup) sampai universitas. Bagi anak-anak playgroup dan taman kanak-kanak, sudah tersedia berbagai media pembelajaran melalui komputer yang memungkinkan pembelajaran secara interaktif tanpa meninggalkan sifat anak-anak, yaitu hermain. Secara umum, peran TIK dalam lingkungan pendidikan dapat dirasakan oleh para siswa, sekolah, dan orang tua.

2.      Bagi para Siswa atau Mahasiswa
Komputer dan jaringan komputer (intranet dan internet) memberikan kemudahan bagi para siswa atau mahasiswa. Para siswa dapat memperoleh bahan-bahan pembelajaran melalui perpustakaan elektronik (e-library) atau buku elektronik (e-book) untuk mendapatkan koleksi perpustakaan berupa buku, modul, jurnal, majalah, atau surat kabar. Kehadiran Internet juga memungkinkan dilakukannya pembelajaran jarak jauh (e-learning). Maksudnya untuk mendapatkan materi pelajaran, para siswa atau mahasiswa tidak harus terikat dengan ruang dan waktu di ruang kelas pada jam-jam pelajaran. Mereka dapat memperoleh materi melalui komputer di rumah yang tersambung dengan internet atau melalui warnet-warnet yang tnemberikan layanan akses internet. Bahkan, dimungkinkan para siswa atau mahasiswa melakukan komunikasi dengan guru atau dosen melalui fasilitas e-mail atau berbicara atau bertatap muka melalui fasilitas teleconference/ video-conference.

3.       Bagi Orang Tua
Penggunaan teknologi informasi dan komunikasi memungkinkan orang  dapat memantau perkembangan pendidikan anaknya melalui komputer dan internet. Sehingga, mereka dapat mengetahui dan melihat hasil pembelajaran anaknya, mulai nilai harian, penugasan, nilai ujian, dan prestasi secara keseluruhan.

4. Bidang Penerbangan
a. Mengatur jadwal penerbangan (flight scheduling).
b. Mengatur perubahan jadwal terbang secara mendadak (itinerary change).
c. Mengatur sistem penjualan tiket dan reservasi penerbangan (real time reservation).
d. Mengatur sistem komunikasi kepada pilot-pilot pesawat mengenai apa yang harus dilakukan (flight progress checks).

5. Bidang Perkantoran
a. Menyediakan mesin penjawab telepon secara otomatis.
b. Menyediakan alat pengolah kata dengan mesin komunikasi berupa teleks dan faksimile.
6. Bidang Perdagangan
a. Menyediakan sistem jaringan yang terkoneksi melalui alat bantu scanner (pemindai).
b. Menyediakan alat bantu konsumen untuk melakukan pengecekan harga.
7.  Rumah Masa Depan
Peranan TIK dalam rumah masa depan yang berdasar pada home automation adalah ketersediaan alat pemantau bahaya yang dapat memberitahukan pencurian, kebakaran, dan kebocoran gas. Alat ini berfungsi secara otomatis dan diperintah lewat saluran telepon.
Begitu lah peranan TIK dalam kehidupan sehari-hari, semoga artikel ini bermanfaat terima kasih.

8. Bidang Perbankan
a. Mengatur pelayanan rekening kepada nasabah.
b. Menyediakan mesin teller otomatis atau anjungan tunai mandiri (ATM). Dengan perangkat ini, pihak bank dapat memberikan kemudahan kepada nasabah untuk melakukan transaksi walaupun pada saat libur.

9. Peranan TIK dalam Bidang Teknik dan Teknologi
Bidang teknik dan teknologi sejak awal merupakan bidang yang paling banyak memanfaatkan sistem komputer sebagai alat mama para ilmuwan untuk menunjang pekerjaannya. Hal ini dikarenakan pekerjaan dan perhitungan yang rumit dapat dilakukan dalam waktu yang cepat dan akurat. Penelitian dan riset yang dapat membahayakan manusia dan membutuhkan biaya besar kini dapat disimulasikan oleh komputer. Sebagai contoh, para ahli nuklir dapat membuat model reaktor nuklir dengan komputer dan tidak perlu membuat model yang sebenarnya. Gambaran kondisi-kondisi yang menyerupai keadaan sebenarnya diciptakan dengan komputer untuk mengetahui tingkat keamanan sebuah reaktor nuklir bagi lingkungan.
Dalam bidang teknik geologi, sistem komputer dengan bantuan satelit dapat mempelajari keadaan tanah di suatu tempat untuk mengetahui kandungan-kandungan mineral yang memungkinkan diadakan penambangan seperti minyak, batu-bara, atau emas. Pada bidang teknik sipil, komputer dapat membantu para arsitek untuk merancang sebuah bangunan yang tinggi dan rumit untuk mengetahui kekuatan serta keamanannya terhadap goncangan gempa bumi. Dalam bidang bioteknologi, komputer dapat menggambarkan molekul-molekul secara visual dan melakukan percobaan simulasi dengan mereaksikan molekul-molekul tadi dan melihat hal-hal yang terjadi.

sumber: http://www.artikelsahabat.com/peranan-tik-dalam-segala-bidang.html

No comments:

Post a Comment